Selasa, 17 September 2013

7 Cara Belajar untuk Menghafal Pelajaran

Bagi pelajar, menghafal pelajaran merupakan suatu cara untuk mendapatkan nilai ulangan yang baik. Menghafal pelajaran juga bisa dijadikan kegiatan untuk mendapatkan pengetahuan yang belum pernah diketahui sebelumnya. Untuk menghafal pelajaran dibutuhkan cara belajar yang efektif. Berikut 7 tips belajar menghafal pelajaran.
1. Banyak membaca
Tips pertama yang paling umum dan saya yakin semua juga tahu adalah membaca. Kegiatan membaca ini tidak cukup hanya dilakukan sekali saja. Ingat bahwa manusia kapan saja bisa lupa dan pelajar juga manusia. Oleh karena itu, membaca berulang-ulang otomatis juga ada proses menghafal. Anda akan ingat karena Anda sering membaca seperti halnya Anda menghafal jadwal pelajaran.
2. Banyak berlatih soal
Kalau materi pelajaran yang akan dihafal adalah pelajaran yang mengandung kegiatan hitung menghitung, membaca saja tidak cukup. Anda harus berlatih untuk menjawab soal-soal. Hal ini akan mempermudah Anda dalam menghafal rumus. Menghafal rumus akan lebih mudah setelah mengerjakan latihan soal daripada menghafal rumus tanpa berlatih soal.
3. Buat ringkasan
Setelah membaca dan berlatih soal, tips berikutnya adalah membuat ringkasan. Ringkasan akan mempermudah Anda untuk mengingat pelajaran. Meringkas adalah proses menulis dan menulis diperlukan membaca, sehingga Anda juga secara otomatis menyuruh otak untuk menghafal.
4. Belajar kelompok
Belajar kelompok mempermudah Anda bertanya kepada teman jika mengalami kesulitan. Belajar kelompok juga bisa menambah semangat belajar. Jangan sungkan untuk mengadakan tanya jawab untuk menguji materi pelajaran yang telah Anda hafalkan.
5. Pilih tempat yang nyaman
Poin ini juga perlu diperhatikan. Memilih tempat yang nyaman membuat otak lebih rileks sehingga proses belajar tidak terganggu dengan suasana yang kurang nyaman.
 6. Perhatikan kondisi tubuh
Pastikan kondisi tubuh sedang fit saat belajar. Jangan belajar saat sedang stress karena memikirkan kodok kapan disunat. Metabolisme tubuh yang baik tentulah sangat nyaman untuk belajar dan bisa konsentrasi dalam belajar. Jika kondisi tubuh tidak fit dan memaksa untuk belajar, daya serap otak berkurang.
7. Berdo’a dan yakin
Tips yang terakhir dan terpenting, kalau orang bule bilang last but not least. Belajar adalah proses menimba ilmu sehingga berdo’a menjadi ucapan pembuka sebelum belajar. Setelah berdo’a terapkan keyakinan bahwa Anda menguasai materi pelajaran yang akan Anda pelajari.

Selamat belajar!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar